(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Bangsa dan Negara
o manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
- Rakyat
- Wilayah
- Pemerintah yang berdaulat
- Pengakuan dari negara lain
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI : 1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR : 1.1. Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa | |
3 | Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 Siswa dapat Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuk-nya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). · Memahami hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara | · Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa · Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara | · Siswa berlatih Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. |
STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu ( Menit ) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai F Menjelaskan pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Diskusi Kelompok tentang hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara. F Tanya jawab F Latihan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri | |
PERANGKAT PEMBELAJARAN
1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
2. Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang.
3. Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA, Jakarta Penerbit Erlangga
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMA/MA ................
Mata Pelajaran : PKn
Materi Pokok : Negara dan Bentuk-bentuk Negara.
o Hakikat negara
o Asal mula terjadinya negara
o pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o Bentuk- bentuk kenegaraan
o Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o Pengertian dan tujuan NKRI
o Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o Tujuan NKRI yang terdapat dalam pembukaan UUD 1945
Kelas/Semester : X/1
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
II. KOMPETENSI DASAR :
1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
III. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No | Indikator Pencapaian Kompetensi | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1 | Menganalisis pengertian Negara | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
2 | Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara | |
3 | Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara | |
4 | Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan |
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
· Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
· Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
· Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
· Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN :
1 Siswa dapat mengkaji informasi dari berbagai sumber tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara
2 Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan
STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka | Terstruktur | Mandiri |
· Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). · Memahami hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan | · Menganalisis pengertian Negara · Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan | · Siswa Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara. |
V. STRATEGI PEMBELAJARAN
No. | Kegiatan Belajar | Waktu (Menit) | Aspek lifeskill yang dikembangkan | Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa |
1. | Pendahuluan - Memberikan salam siswa - Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa | 15’ | - Disiplin - Kerjasama - Keterampilan | |
2. | Kegiatan Inti & Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi : F Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai F Menjelaskan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan & Elaborasi Dalam kegiatan elaborasi, F Diskusi Kelompok tentang hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan. F Tanya jawab F Latihan & Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa: F Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui F Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. | 55’ | - Kerjasama - Kesungguhan - Disiplin - Uji diri | Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab Mandiri |
3. | Penutup - Evaluasi / Tanya jawab - Penenangan | 20’ | - Pengendalian diri | - |
VI. PERANGKAT PEMBELAJARAN
- Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
- Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.
VII. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
..........., ....................
Mengetahui
Kepala SMA/MA ......... Guru Mata Pelajaran
.................................... .................................
NIP/NIK. NIP/NIK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar