Senin, 28 November 2011

RPP PKn





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Bangsa dan Negara
o       manusia sebagai mahkluk individu dan mahkluk sosial
o       Pengertian dan unsur terbentuknya bangsa
o       Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara
-          Rakyat
-          Wilayah
-          Pemerintah yang berdaulat
-          Pengakuan dari negara lain
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.       STANDAR KOMPETENSI    :     1.   Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II.      KOMPETENSI DASAR          :     1.1.   Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI           :
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
3
Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara

Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

TUJUAN PEMBELAJARAN  :
1        Siswa dapat Mengkaji berbagai literatur tentang kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.
2        Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur Pengertian dan unsur terbentuk-nya bangsa, Pengertian Negara dan Unsur-unsur terbentuknya negara

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
·         Memahami hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara

·        Menganalisis pengertian bangsa dan unsur-unsur terbentuknya bangsa
·        Menganalisis pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
·     Siswa berlatih Mendeskripsikan kedudukan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

STRATEGI PEMBELAJARAN
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-   Memberikan salam siswa
-   Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-   Disiplin
-   Kerjasama
-   Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
&  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F     Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
F     Menjelaskan pengertian negara dan unsur terbentuknya Negara
&  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F     Diskusi Kelompok tentang hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara.
F     Tanya jawab
F     Latihan
&  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-   Kerjasama
-   Kesungguhan
-   Disiplin
-   Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-   Evaluasi / Tanya jawab
-   Penenangan
20’
-    Pengendalian diri



PERANGKAT PEMBELAJARAN
1.      Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti.
2.      Darji Darmo-diharjo (1990), Pendidiikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Malang: Penerbit IKIP Malang.
3.      Budiyanto (1999), Tata negara untuk SMA, Jakarta  Penerbit Erlangga

PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif
                 



                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah      :        SMA/MA ................        
Mata Pelajaran     :        PKn
Materi Pokok        :        Negara dan Bentuk-bentuk Negara.
o       Hakikat negara
o       Asal mula terjadinya negara
o       pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain
o       Bentuk- bentuk kenegaraan
o       Pengertian fungsi dan tujuan negara secara universal
o       Pengertian dan tujuan NKRI
o       Perbandingan berbagai teori tentang fungsi dan tujuan negara
o       Tujuan NKRI yang terdapat  dalam pembukaan UUD 1945
Kelas/Semester   :        X/1
Alokasi Waktu      :        2 x 45 Menit

I.       STANDAR KOMPETENSI  :
1.      Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

II.      KOMPETENSI DASAR                :
                  1.2 Mendeskripsikan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan

III.     INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
No
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1
Menganalisis pengertian Negara
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
2
Mendeskripsikan asal mula terjadinya negara
3
Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara
4
Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan


Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
·   Percaya diri (keteguhan hati, optimis).
·   Berorientasi pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
·   Pengambil resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
·   Orientasi ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)

IV.    TUJUAN PEMBELAJARAN  :
1        Siswa dapat mengkaji informasi dari berbagai sumber  tentang pengertian, asal mula terjadinya Negara
2        Siswa dapat mendiskusikan hasil kajian literatur pentingnya pengakuan suatu negara dari negara lain dan bentuk-bentuk kenegaraan

STRATEGI PEMBELAJARAN
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·         Memahami hakikat bangsa dan Negara  Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 
·         Memahami hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
·        Menganalisis pengertian Negara
·        Menganalisis bentuk-bentuk kenegaraan
·     Siswa Menguraikan pentingnya pengakuan oleh negara lain bagi suatu negara.

V.     STRATEGI PEMBELAJARAN   
No.
Kegiatan Belajar
Waktu
(Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
1.
Pendahuluan
-   Memberikan salam siswa
-   Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-   Disiplin
-   Kerjasama
-   Keterampilan

2.
Kegiatan Inti
&  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
F     Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
F     Menjelaskan hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan
&  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
F     Diskusi Kelompok tentang hakikat negara dan bentuk-bentuk kenegaraan.
F     Tanya jawab
F     Latihan
&  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
F     Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
F     Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
55’
-   Kerjasama
-   Kesungguhan
-   Disiplin
-   Uji diri
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab
Mandiri
3.
Penutup
-   Evaluasi / Tanya jawab
-   Penenangan
20’
-   Pengendalian diri

-    

VI.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
  1. Buku Kewarganegaraan Esis Kelas X, karangan Dra. Retno Listyarti
  2. Musthafa Kamal Pasha, B.Ed,(2002), Pendidikan Kewarganegaraan (Civics Education), Yogyakarta: Citra Karsa Mandiri.

VII.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
         1.      Penilaian Kognitif
         2.      Penilaian Afektif



                                                                                                ..........., ....................
Mengetahui                                                                                     
Kepala SMA/MA .........                                                        Guru  Mata Pelajaran




....................................                                                            .................................
NIP/NIK.                                                                                NIP/NIK.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar